Pakaian Liturgi

Jubah/alba : Busana putih panjang yang harus dipakai imam dalam perayaan Ekaristi. Warna putih jubah/alba melambangkan kesucian dan kemurnian. Apabila tidak menggunakan jubah, imam akan mengenakan alba.

Amik : Kain penutup leher berbentuk persegi empat yang dipasang pada bahu imam. Amik melambangkan perisai dan keselamatan.

Singel : Tali ikat pinggang yang panjang dan berfungsi untuk mengikat stola dan alba agar tidak kendor/kepanjangan. Singel melambangkan penguasaan diri.

Stola : Selendang kecil yang dikalungkan pada leher imam dan ujungnya turun di atas dada. Stola melambangkan kuasa imamat dan tanggung jawab. Stola juga dikenakan Uskup dan diakon, Uskup mengenakannya menjulur ke bawah di depan dada, imam mengenakannya dari bahu menyilang di depan dada, dan diakon mengenakannya dari bahu kiri menyilang ke lengan kanan.

Kasula : Busana liturgi resmi imam pada saat memimpin Misa yang berbentuk mantol lebar. Kasula melambangkan keutamaan Ilahi.

Dalmatik : busana liturgi resmi diakon dalam upacara ibadat.

(Sebagai catatan warna stola dan kasula/dalmatik  mengikuti warna liturgi).

Superpli : busana putih seperti alba, namun lebih pendek. Biasanya dikenakan oleh imam dan diakon di luar perayaan Ekaristi. Busana atas misdinar terkadang juga berupa superpli.

Velum : Kain persegi lebar panjang (2-3 meter) yang dikenakan imam atau diakon untuk menyelubungi pegangan mostrans/sibori pada saat Salve dan perarakan Sakramen Mahakudus (Kamis Putih).

Busana misdinar : Biasanya terdiri dari jubah berwarna, singel dan krah lebar. Atau gaun panjang, superpli dan krah lebar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: